1. Subcane chanel kita di https://www.youtube.com/watch?v=yaSWKgX1yrI
2. follow ig kita di @shirouoshien buat yang mau update produk kita
3. tinggakkan komentar baik untuk menjadikan saya lebih baik ^^
- Definisi Model
- Jenis-Jenis model
- Sistem fisik
- Sistem konseptual
- Management by exception
Definisi Model :
Manajer menggunakan model untuk mewakil pemecahan permasahan yang dihadapi oleh perusahaan. model merupakan penyederhanaan (abstaction) dari sesuatu. mewakili sejumlah ojek atau aktivitas yang disebut entitas
Jenis Model Dasar Perusahaan :
1. Model Fisik
Pengambaran entitas dalam bentuk 3 dimensi. conth yang biasa digunakan dalam dunia bisnis : market pusat perbelanjaan, pototipe mobile baru. model fisik membantu suatu tujuan yang tifak dapat dipenuhi oleh benda nyata.
2. Model Naratif
Setiap hari yang digunakan manajer, tapi jarang dikenali sebagai suatu model. menggambarakan entitas secara lisan atau tulisan. contoh: komunikasi bisnis
3. Model Grafik
Menggambarkan entitasnya dengan sejumlah grafik, simbol atau bentuk. contoh : laporan perusahaan, flowchart dan data flow diagram
4. Model Matematika
Semua rumus atau persamaan matematika. keunggulan model matematika adalah ketelitiannya dalam menjelaskan hubungan anatara berbagai bagian dari suatu objek.
Sistem fisik merupakan sistem terbuka yang berhubungan dengan lingkungannya melalui sumber daya fisik.
1. Arus material
•Material diterima dari pemasok kemudian diproses dalam manufaktur, lalu menghasilkan bentuk jadi.
•Dalam perusahaan manufaktur, 2 bidang fungsional terlibat dalam arus material ini
yaitu:
1.Fungsi manufaktur mengubah bahan baku menjadi barang jadi.
2.Fungsi pemasaran mendistribusikan produk jadi kepada para pelanggan.
•Kedua
hal tsb hrs bekerja sama utk mempermudah
arus meterial.
2. Arus personil :
•Input personil berasal
dari lingkungan
•Biasanya diproses oleh
fungsi SDM kemudian ditugaskan ke berbagai bidang fungsional.
•Sebagian pegawai bekerja bagi perusahaan hanya sebentar saja. Sebagian lain bekerja hingga pensiun. Fungsi sumber daya manusia adalah memproses pemberhentiannya, dan sumber daya itu dikembalikan kepada lingkungan.
3. Arus mesin :
•Mesin-mesin diperoleh dari pemasok.
•Biasanya berada diperusahaan untuk jangka waktu yang lama (tiga sd duapuluh tahun atau lebih).
Namun akhirnya semua mesin kembali ke lingkungan dalam bentuk tukar tambah atau sebagai rongsokan.
4. Arus uang :
•Arus uang yang melalui perusahaan jarang melibatkan uang dalam bentuk fisik. Sebaliknya yang ada adalah arus sesuatu yang mewakili uang : cek, slip kartu kredit, bahkan transaksi –transaksi dalam bentuk elektronik.
•Karena itu, arus uang menghubungkan perusahaan dengan lembaga-lembaga keuangan, para pelanggan, pemasok, pemegang saham dan pekerja.
untuk lebih memahami model sistem umum perusahaan, didalam penerapan dunia kerja diilustrasikan dengan studi kasus yang dikutip dari buku Sistem Informasi Manajemen Edisi 13, Kenneth C. laudon| jane P. laudon - jakarta : Salemba Empat, 2015. dengan judul
TEKNOLOGI MEMBANTU STARBUCK DALAM MENEMUKAN CARA BARU DALAM BERSAING
Starbucks merupakan perusahaan ritel penjual kopi terbesar di dunia dengan lebih dari 1.700 gerai di 55 negara di seluruh dunia. Selama bertahun-tahun, starbucks terus tumbuh di seluruh Amerika dan di seluruh dunia, membuka cabang waralaba dengan jumlah yang mengesankan. selama rentang waktu antara 2001-2007 perusahaan tersebut telah meningkatkan jumlah gerainya sampai dengan 3 kali lipat. starbucks menawarkan pengalaman unik: kopi dan minuman berkualitas tinggi, server yang mendidik dan bersahabar, serta pelayanan yang bersahabat kepada konsumen. hal-hal tersebut adalah formula juara yang diterapkan starbucks selama bertahun-tahun dan memungkinkan starbucks mematok tarif yang mahal.
Selama penurunan ekonomi pada awal 2008, laba starbucks janjlok. para pelanggan mengeluh bahwa starbucks telah kehilangan ciri khasnya, cita rasa lokalnya dan lebih kelihatan seperti waralaba penjual makanan cepat saji. banyak sekali pencinta kopi yang akhirnya mencari alternatif yang lebih murah seperti yang disediakan McDonald' dan Duckin Donuts. pada akhir 2008 nila saham starbucks anjlok 50% perubahan penting terjadi.
starbucks mengambil kesempatan untuk merombak bisnis menggunakan beberapa strategi sekaligus. pertema, perusahaan merobak teknologi yang ada di dalam gerainya dan bermaksud mengintehrasikan proses bisnisya dengan teknologi nirkabel dan platform telepon genggam. ketimbang meniru tang dilakukan oleh pesaingnya, starbucks secara agresif lebih mengarah pada strategi diferensisasi produk, yang menitiberatkan pada menciptakan minuman yang berkualitas tinggi serta pelayanan pelanggan yang ramah dan efisien. seperti banyak pesainya, starbucks secara agresif lebih mengarah pada menciptakan minuman yang berkualitas tinggi seeta pelayanan pelanggan yang ramah dan efisien. seperti banyak pesaingnya, starbucks berupaya merampingkan usahanya dengan mengeliminasi hal-hal yang tidak efisien di manapun sebisa mungkin.
ketika starbucks berusajan meningkatkan pengalaman pelanggannya, ia menemukan bahwa hampr sepertiga dari pelangganya adalah pengguna aktif smartphone. kemudian, perusahaan berupaya menerapkan beberapa fitur dan peningkatan guna menjaring konsumen di segmen ini. pertama, starbucks mengimplementasi teknologi yang memungkinkan konsumen untuk membayar melalui aplikasi smartphone. aplikasi tersebut diintegrasikan dengan sistem starbucks card, yang memungkinkan pelanggan membayar dengan kartu prabayar yang bisa diisi ulang di cabang manapun. ketika pelanggan melakukan pembelian lewat aplikasi tersebut, kasir melakukan pemindai pada barcode yang ditampilkan pada smartphone tersebur dan akun nominal pada card akan terpotong sejumlah nominal pembelian.
menurut pelanggan pembayaran dengan menggunakan aplikasi ini lebih cepat, ketimbang bentuk pembayaran tradisional dan aplikasi ini tersedia hampir di selurug sistem operasi smartphone. lima belas bulan semenjak aplikasi tersebut diluncurkan, sistem pembayaran mobile starbucks telah memproses 42 juta transaksi.
banyak pelanggan setia starbucks umumnya menghabiskan waktu menggunakan jaringan nirkabel Wifi yang tersedia di setiap gerai starbucks. sebagaian besar pelanggan juga menggunakan telpon genggam untuk terhubung dengan jaringan Wifi. mengetahui hal ini, starbucks meluncurkan apa yang disebut starbucks Digital Network, sebuah portal yang didesaiin khusus untuk telepon genggam yang didesain khusus untuk telpon genggam yang berbeda dengan web browser pada umumnya. situs tersebut ditunjukan untuk hampir segala jenis smartphone (Ios, Android, dan Blackberry) serta mendukung kemampuan perangkat multi-sentuh seperti iPad.
starbucks Digital network dikembangan berkat kerja sama dengan yahoo, dan berfungsi sebagai konten portal. pelanggan starbucks yang menggunakan situs tersebut akan memperoleh akses gratis ke Wall Street Journal (media berita ternama yang biasa mengulas tentang finansial dan bersa saham), mencari konten gratis dari iTunes, dan berbagai macam konten lainnya. situs tersebut juga akan terintegrasi dengan FourSquare, Jejaring sosial berbasis lokasi untuk pengguna telpon gengam. rancangan ini memungkinkan pengguna untuk aktif dan menerima poin hadiah dari penggunaan situs web starbucks. karena starbucks memiliki anggira aktif FourSquare terbanyak dibandingkan perusahaan lain, fitur ini menjadi sangat terkenal di kalangan pelanggan.
ketimbang menayangkan iklan pada situsnya, starbucks cenderung menawarkan situs bebas iklan dengan harapan meningkatkan kerja sama dengan penyedia konten biasanya engan jika konten-kontennya ditutupi oleh tampilan-tampilan iklan elektronik pada situs). meskipun starbucks Digital network tidaklah terlalu menguntungkan, tetapi para analis setuju bahwa situs tersebut merupakan media yang efektif bagi starbucksuntuk meningkatkan hubungan dengan pelanggannya yang berharga serta penggunaan platform mobile digital untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
sebagai tambahan dalam mengubah bisnis merekauntuk memperbaiki layanan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna alat komunikasi genggam, starbucks telah melakukan upaya terpadu untuk meningkat efisiensi, efektivitas, dan hemat waktu untuk menyediakan layanan kepada pelangggan dengan lebih baik. starbucks berupaya memperlancar proses bisnis di tiap gerainya agar barista tidak perlu membukuk untuk meyendok kopi, memotong waktu sementara kopi sedang dibuat, dan menemukan cara membuat minuman yang lebih cepat. starbucks mendirikan tim kecil berjumlah 10 orang yang pekerjaannya mengunjungi gerai waralaba di negara-negara lain dan mendidik meraka tentak teknik-teknik praktis dan ringkas yang dibuat oleh perancang sistem produksi otomotif toyota.
biaya tenaga kerja di gerai starbucks sekitar $2,5 miliar, berjumlah 24% dari pendapatan tahunannya. jika starbucks mampu mempersingkat waktu pembuatan minuman, maka perusahaan tersebut dapat membuat lebih banyak minumen dengan jumlah pekerja yang sama atau dengan pekerja yang lebih sedikit. pilihan lainnya, starbucks dapat menggunakan waktu yang berhasil dihemat untuk berinteraksi dengan pelanggan dengan harapan memingkatkan momen minuman kopi di starbucks.
teknologi nirkabel memperbaiki upaya starbucks dalam menyederhanakan proses bisnisnya. manajer wilayah di perusahaan starbucks menggunakan jaringan nirkabel yang tersedia di dalam gerai untuk menjalankan kegiatan operasional gerai serta berhubungan dengan sistem dan jaringan pribadi perusahaan.
manajer wilayah diperusahaan starbucks memiliki laptop yang dilengkapi dengan Wifi untuk tujuan ini, sebelum teknologi nirkabel diimplementasikan di dalam gerainya, manajer wilayah perusahaan starbucks harus mengunjungi 10 gerai per hari untuk melakukan pengawasan terhadap kinerja, mengembangkan rangkaian pekerjaan yang harus ditindaklanjuti, kemudian berangkat kekantor starbucks untuk pemberkasan laporan dan mengirim surel. ketimbang menjalankan bisnis dari ruangan di kantor cabang, manajer wilayah starbucks dapat mengerjakan hampir seluruh perkerjaannya sambil duduk di salah satu gerai starbucks yang sedang diawasinya. waktu yang dihemat dari perjalanan pulang dan pergi ke kantor cabang dapat digunakan untuk mengamati karyawan dalam mekayani pelanggan dan meningkatkan pelatihan mereka. dengan mengimplementasikan teknologi Wifi, starbucks meningkatkan persentase kehadiran manajer hingga 25 persen di gerai yang diawasinya, tanpa menambah jumlah manajer.
pada tahun 2008 sampai 2009, pelemahan ekonomi memaksa starbucks untuk menutup 900 gerainya, menegoisasi ulang beberapa kontrak sewanyam memotong beberapa harga diskon khusus, seperti sandwich untuk sarapan pagi berikut minuman harganya $3,95. pengurangan harga berkat perubahan prosedur memungkinkan starbucks untuk menawarkan harga yang lebih murah ini.
kebanyakan waralaba penyedia makanan cepat saji telah menggunakan teknik ini. sementara itu beberapa barista menolak perubahan ini, dan para anilis skeptis bahwa perubahan tersebut akan bertahan, starbucks mengalokasikan peninkatan laba yang diperoleh baru-baru ini untuk merampingkan usahanya. CEO starbucks,Howard Schultz berkata " sebagaian besar dari pengurangan biaya yang telah kita capai berasal dari cara baru dalam beroperasi dan melayani pelanggan. " sebagai tambahan, uang dan waktu yang berhasil dihemat memungkinkan perusahaan melakukan peningkatan hubungan denganpelanggan. pada tahun 2011, starbucks telah kembali menjadi perusahaan yang menguntungkan dengan pertumbuhan yang terus berlangsung dan berencana membuka 500 gerai baru, sebagai dampak kesuksesan dalam melakukan perubahan-perubahan ini.
R A N G K U M A N
1.Fitur-fitur apa saja
dari organisasi yang perlu diketahui oleh para manajer dalam menyukseskan pembangunan dan penggunaan sistem informasi?
Apa dampak dari sistem informasi bagi organisasi?
Organisasi modern,
tersusun, terspesialisasi, dan terpisah berdasarkan rutinitas yang jelas untuk
memaksimalkan efisiensi. Setiap organisasi memiliki budaya dan politiknya
masing-masing yang berasal dari perbedaan kepentingan kelompok, dan mereka
dipengaruhi oleh lingkungan sekitar.organisasi memiliki perbedaan dalam tujuan,
kelompok yang dilayani peran sosial, gaya kepemimpinan, intensif, jenis tugas
yang dijalankan, serta jenis struktur. Fitur ini membantu menjelaskan
perbedaan-perbedaan di dalam organisasi
yang menggunakan sistem informasi.
Sistem
informasi dan organisasi saling berinteraksi dan memengaruhi satu sama lain.
pengenalan sistem informasi baru akan memengaruhi struktur organisasi, tujuan,
rancangan kerja, nilai, persaingan antar kepentingan kelompok, pengambilan keputusan dan perilaku
sehari-hari. Pada saat yang bersamaan, sistem informasi harus dirancang untuk melayani kebutuhan
kelompok penting dalam organisasi dan akan dibentuk lewat stuktur organisasi,
proses bisnis, tujuan, budaya, politik, dan manajemen. Teknologi informasi
dapat menekan biaya transaksi dan perantara, serta perubahan tersebut
ditekankan pada organisasi yang menggunakan internet. Sistem baru akan merusak
pola kerja dan kekuatan hubungan yang telah terbentuk, maka sering kali
terdapat penolakan ketika mereka diperkenalkan.
2.
Bagaimana model data kompetitif porter membantu perusahaan dalam mengembangkan
strategi kompetitif dengan menggunakan sistem informasi?
Dalam model daya
kompetitif Porter, posisi strategis perusahaan, beserta yang dimikiki
ditentukan oleh persaingan dengan pesaing tradisionalnya, akan tetapi mereka
juga dipengaruhi secara signifikan oleh pendatang baru dipasar, produk dan jasa
pengganti, pemasokm serta pelanggan. Sistem informasi membantu perusahaan dalam
bersaing dengan jalan menekan biaya, melakukan diferensiasi produk maupun jasa,
fokus pada kesempatan yang ada dipasar, memperkuat hubungan dengan pemasok dan
pelanggan serta meningkatkan hambaran bagi pesaing untuk masuk ke dalam pasar
dengan meningkatkan kinerja operasional yang memuaskan
3.
Bagaimana model rantai nilai dan model value web membantu organisasi bisnis
dalam mengidentifikasi kesempatan dalam menerapkan aplikasi sistem informasi
strategis?
Model rantai nilai
menekankan pada aktivitas spesifik yang dilakukan perusahaan dimana strategi
dalam bersaing dan sistem informasi memmiliki dampak paling besar. Model
tersebut memandang perusahaan sebagai rangkaian aktivitas utama dan pendukung
yang memberikan nilai tambah bagi produk dan jasa yang dihasilkan perusahaan.
Aktivitas utama secara langsung berhubungan dengan produksi dan distribusi, di
mana aktivitas pendukung bertugas menjamin terlaksananya aktivitas utama.
Rantai nilai perusahaan dapat dihubungkan dengan rantai nilai pemasok,
distributor, dan pelanggan. Value web terdiri atas sistem informasi yang
menunjang daya saing pada tingkat industri dengan mempromosikan penggunaan
standar industri tertentu secara luas dan memungkinkan organisasi bisnis
bekerja lebih efisien bersama nilai rekanannya.
4.
Bagaimana sistem informasi membantu organisasi bisnis dalam menggunakan
sinergi, kompetensi inti, dan strategi berbasis jaringan secara terpadu guna
mencapai keunggulan kompetitif
Karena perusahaan
terdiri atas banyak unit bisnis, sistem informasi mencapai efisiensi tambahan
atau menunjang layanan dengan mempersatukan kegiatan operasional unit bisnis
yang terpisah-pisah. Sistem informasi mebantu orgaanisasi bisnis dalam
memengaruhi kompetensi intinya dengan mempromosikan dan menyebarluaskan
pengetahuan di seluruh unit bisnis perusahaan. Sistem informasi memfasilitasi
model bisnis berdasarkan jaringan pengguna pelanggan berskala besar yang
menggambil manfaat dari ekonomika jaringan.strategi perusahaan virtual
menggunakan jaringan untuk berhubungan dengan perusahaan lainnya sehingga
perusahaan tersebut dapat menggunakan kemampuan perusahaan lain untuk
membangun, memasarkan, dan mendistribusikan produk maupun jasa. Dalam suatu
ekosistem bisnis, sekelompok industri bekerja sama untuk memberikan nilai pada
pelanggan. Sistem informas mendukung suatu jaringan interaksi yang padat
diantara pihak-pihak yang terlibat dalam perusahaan.
5.
Apa tantangan yang muncul dari strategi sistem informasi dan bagaimana
tantangan tersebut seharusnya diselesaikan?
Pengimplementasian
sistem strategis sering kali memerlukan perubahan organisasi secara meluas dan
perpindahan dari suatu tingkat sosioteknis yang satu tingkat ke tingkat yang
lain. perubahan semacam itu disebut transisi strategis yang sering kali sulit dan
menyakitkan untuk dicapai. Banyak sistem infomasi strategis mudah ditiru oleh
perusahaan lainnya, maka keunggulan strategis tidak selalu dapat dipertahankan.
demikianlah materi SIM pertemuan 8. mohon tinggalkan komentar agar penulisan menjadi lebih baik^^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar