dalam usaha me-reviev film
LAPORAN KEMAJUAN BISNIS
“ WARUNG FILM ”
Disusun Oleh :
VICTOR GUNAWAN
BIRGITA BONIFACIA
A.
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Dalam
perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat masa kini, terdapat kemajuan
yang cukup signifikan.Dimana kemajuan teknologi ini dapat membantu, meringankan
pekerjaan dan aktifitas orang-orang masa kini.
Fenomena
ini merupakan ide/gagasan kami dalam mendirikan usaha kami ini, bukan hanya
untuk membantu, meringkankan pekerjaan dan aktifitas orang-orang saja, namun
juga untuk memberikan hiburan bagi masyarakat.
Selain
itu, dimasa sekarang yang mana dunia sedang menghadapi pandemi covid-19 atau corona yang mengharuskan masyarakatnya
untuk melakukan pembatasan sosial atau menjaga jarak (social distancing) guna
untuk memperlambat dan menghentikan penyebaran penyakit menular tersebut.
Dengan kata lain masyarakat harus berdiam diri di rumah dan mengerjakan semua
aktifitas dirumah, yang mana jika terlalu lama akan membuat masyarakat merasa
bosan.
Disini
kami membantu masyarakat dalam mengatasi rasa bosan tersebut, dengan memberikan
reviewan film, sedikist cuplikan film yang menarik yang dapat dijadikan ide
menonton untuk mengisi waktu saat bosan.
Tujuan
Dalam
membuka usaha ini kami mempunyai tujuan. Dimana tujuan yang ingin kami capai
dalam membuka usaha ini adalah mulai dari membantu masyarakat mengatasi rasa
bosan ditengah aktifitas yang melelahkan. Memberikan informasi seputar dunia
perfilman.
B.
Permasalahan
Dalam
membuka sebuh usaha pastinya memiliki permasalahan-permasalahan yang dihadapi.
Mulai dari kurangnya modal, pemasaran yang kurang baik, kurangnya korelasi,
hingga informasi seputar usaha yang kurang. Permasalahan yang dihadapi dalam usaha
“Warung Film” ini adalah kurangnya pemasaran sehingga viewers sedikit, belum banyak masyarakat yang mengetahui dan
mengenal akun “Warung Film” ini. Selain itu kurangnya ide-ide untuk membuat
konten yang akan diupload setiap harinya juga menjadi permasalahan yang kami
hadapi.
Disamping
itu, kami juga mempunyai solusi dari permasalahan yang kami hadapi tersebut.
Mulai dari melihat dan membaca serta mencari tahu segala informasi dari berbagai
sumber mengenai film-film yang layak untuk ditonton pada usianya masing-masing.
Selain dari itu dalam pemasaran, “Warung Film” akan lebih banyak menampilkan
konten-konten menarik yang dapat membuat masyarakat atau viewers selalu penasaran hanya dengan membaca judul saja. Membuat
postingan-postingan dan reviewan film-film dengan tampilan dan desain yang
menarik dan unik dalam skala jumlah dan waktu tertentu. Memberikan informasi
tentang review film yang tidak monoton dengan hanya menyangkut film dari satu
Negara saja, atau satu genre film saja, melainkan dari berbagai genre film mulai
dari action, adventure, animasi, biografi, komedi, criminal, documenter, drama,
film keluarga, fantasi, sejarah, horror, musical, misteri, romantis, fiksi, thriller, perang, western, bahkan sport, dan lain-lainnya.
C.
Evaluasi
Bisnis
Untuk
mengetahui kondisi bisnis, maka perlu disusun dengan baik bagaimana jalannya
bisnis tersebut, dimana dapat berupa pencatatan, penulisan catatan bisnis yang
sedang dilakukan.
Laporan
bisnis perlu disusun dengan netral, jujur menggambarkan kondisi bisnis apa
adanya, selengkap-lengkapnya, sehingga mudah dibaca oleh orang yang terlibat
dalam bisnis tersebut. Selain itu guna dalam membuat evaluasi bisnis ini adalah
dapat melihat apakah bisnis yang sedang dijalankan sesuai dengan harapan atau
tidak. Jika tidak, apa yang salah dalam melakukan bisnis tersebut. Evaluasi
bisnis ini juga dapat dijadikan dasar dalam pengmbilan keputusan selanjutnya
untuk menyelesaikan masalah yang ada.
1. Aspek
Pemasaran
Dalam
aspek pemasaran ini kami menggunakan criteria potensial dimana konsumen
memiliki minat terhadap suatu penawaran pasar. Mengapa kami menggunakan
kriteria ini? Karena usaha yang kami jalankan ini bergerak dibidang informasi
seputar film dimana target pasar kami adalah orang-orang yang memiliki minat
atau hobi menonton film.
2. Aspek
Teknis
Secara
tenis teknologi yang kami gunakan disini sudah umum digunakan oleh orang lain,
yakni media sosial. Melalui media sosial ini kami dapat lebih mudah menjangkau
banyak orang tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya promosi. Namun untuk
menjangkau banyak orang tersebut diperlukan ide yang cemerlang. Oleh karena itu
kami melakukan promosi melalui media sosial dan orang-orang sekitar, selain itu
kami juga mengupload informasi seputar film dalam skala jumlah dan waktu
tertentu.
3. Aspek
Finansial
Dalam
aspek financial modal yang kami keluarkan tidak terlalu besar, karena kami
membuka usaha dibidang media sosial dan bisa dibilang masih baru sehingga
dibutuhkan waktu untuk mendapatkan keuntungan berupa uang. Jadi untuk sekarang
ini kami hanya bermodalkan kuota dan ide yang kreatif dalam mengupload.
Melalui beberapa aspek
tersebut kami dapat menentukan :
1. Posisi
Keseluruhan Usaha
Secara
keseluruhan usaha, kami terbilang belum sepenuhnya diminati banyak orang karena
memang dalam membuka suatu usaha terutama dalam hal mendapatkan banyak followers membutuhkan waktu yang cukup
lama.
2. Kemajuan
Kemunduran Usaha
Kemajuan
usaha yang kami jalankan ini adalah kami berhasil membuat logo serta desain
postingan kami yang unik. Selain itu, kami telah banyak mengupdate informasi
seputar film di Instagram maupun di blog dengan viewers yang makin hari makin bertambah. Namun dibalik kemajuan tersebut
kami masih belum bisa mendapat followers dan like yang membuat akun kami diakui
oleh masyarakat banyak, dikarenakan kami masih baru dalam menjalankan usaha ini
sehingga membutuhkan waktu untuk mendapatkan banyak followers hingga menjadi
akun resmi. Dengan sedikit lebih tekun dan rajin dalam menjalankan usaha ini,
kami yakin “Warung Film” bisa lebih baik lagi.
3. Perbaikan
dan Pengembangan
Dengan
memperhatikan beberapa kemunduran tersebut kami akan memperbaiki beberapa hal
agar dapat menarik orang lebih banyak lagi antara lain dengan :
- Membuat
kata-kata yang lebih menarik lagi
- Lebih
update lagi dalam mengupload konten
- Memperluas
promosi di media sosial
4.
Target Usaha
Target usaha kami adalah
orang-orang di masyarakat baik yang memiliki hobi menonton atau hanya ingin
mengisi waktu luang untuk mencari informasi seputar dunia perfilman serta
film-film yang recommended untuk ditonton. Apalagi dengan adanya kebijakan
pemerintah untuk di rumah aja, maka akan makin banyak orang yang mengakses
media sosial untuk mencari informasi menarik.
Statistik Data Viewers Usaha
Dari data diatas dapat
dilihat bahwa grafik kami ada yang naik dan ada yang turun. Namun ini merupakan
hal wajar dalam pasar yang cenderung naik dan turun. Dari grafik diatas dapat dilihat
jumlah penayangan dalam beberapa minggu. Di minggu pertama grafik terlihat
stabil namun di minggu ke – 2 sampai ke – 4 terlihat grafik naik turun terutama
di minggu ke – empat yang memilik jumlah penayangan terbanyak. Mengapa ada
grafik yang turun drastis? Karena pada hari itu “Warung Film” tidak mengupload
film dikarenakan keterbatasan waktu dan ide. Oleh karena itu sebagai pembuat
akun blog yang masih baru, kami tentunya akan berusaha untuk terus
mengembangkan blog kami.
Laporan
Keberadaan Modal
Dalam mencari informasi
dan mengunduh trailer atau potongan
film untuk di upload, data kuota yang
terpakai kurang lebih 300 – 500 MB, tergantung dengan banyaknya potongan film
yang digunakan dalam sekali upload.
Berikut adalah rincian modal yang kami keluarkan :
Total Biaya = Biaya Lain-lain (kuota)
Total Biaya = Biaya Lain-lain (kuota)
=
69.000 untuk 8GB + 5GB
Total pengeluaran yang digunakan dalam jangka waktu
kurang lebih satu bulan yaitu :
Rp. 69.000
Rp. 69.000
D.
Pemaparan
Usaha
Pemaparan
dalam “Warung Film” ini dikemas dalam bentuk, tampilan yang menarik serta tata
letak yang sesuai, serta Judul yang membuat setiap orang pertama kali membaca
akan penasaran dengan isi review film tersebut.
Gambar
diatas adalah salah satu postingan yang baru-baru ini kami rangkum dan posting
di akun Instagram kami @warung.film, dimana kami mengikuti tren dan
perkembangan genre perfilman yang banyak diminati oleh masyarakat masa kini. Dimana
yang kita tahu, pada bulan awal bulan April hingga sekarang ini masyarakat
sedang hangat-hangatnya membicarakan tentang banyaknya drama korea yang
mengisahkan tentang hadirnya “orang ketiga” dalam hubungan rumah tangga, yang
dapat membuat penonton merasa “gregetan”. Disitu kami mendapatkan ide untuk mencari
informasi drama korea apa saja yang pernah tayang dengan genre yang serupa.
Selain
dari mereview film-film yang menarik, “Warung Film” juga memberikan informasi
yang terkadang banyak penonton yang belum mengetahuinya, seperti “behind the
scene” dalam film-film tersebut.
Seperti
dalam postingan diatas, yang menampilkan “ 5 Adegan Ikonik Dalam Film Yang
Sebenarnya Tidak Disengaja”, dimana pada saat menonton film-film tersebut,
penonton tidak mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di balik layar pembuatan
film tersebut.
Selanjutnya,
dalam postingan “Warung Film” ini kita bisa melihat potongan atau cuplikan film
yang direkomendasikan di akun kita, yang pasti dengan kualitas yang bagus. Tapi
disamping itu “Warung Film” juga tidak melupakan peraturan dan Undang-Undang
yang ada di Indonesia ini, dimana dapat melanggar Hak Cipta.
“Warung
Film” juga memberikan informasi reviewan film bergenre animasi. Agar viewers yang melihat postingan-postingan
dari akun kita tidak bosan dengan genre yang itu-itu saja.
Di
postingan “Warung Film” ini juga tidak hanya memilih film dari satu Negara
saja, melainkan dari berbagai Negara. Seperti postingan beberapa waktu yang
lalu, dimana kami me review film-film
dari Amerika, Korea Selatan, India, bahkan anime Jepang.
Dalam
postingan “Warung Film” banyak reviewan dari berbagai genre film, mulai dari
fantasi, fiksi ilmiah, action, thriller,
history, horor, misteri, hingga drama.
E.
Kesimpulan
Dalam
menjalankan sebuah bisnis, diperlukan pengambilan keputusan yang tepat agar
bisnis yang sedang dijalankan dapat berjalan dengan baik. Dimana keputusan yang
diambil dapat dijadikan pedoman untuk keberhasilan bisnis tersebut.
Dengan
melihat semua data yang disebutkan di atas maka, kami yakin bisnis ini bisa
berkembang lebih besar lagi walaupun membutuhkan waktu namun dengan adanya
kerja keras dan usaha kami mampu membersarkan “Warung Film”.
Oleh
karena itulah, untuk kedepannya kami berencana akan mengadakan promosi dengan
cara member “giveaway” kepada
followers yang men-tag, men-share, akun atau challenge yang kami berikan kepada viewers, agar dapat memperbanyak followers. Selain itu, untuk rencana tahun 2021, kami masih harus
menyesuaikannya dengan trend yang ada
pada saat itu. Namun, tujuan kamu jelas yaitu untuk memperluas lagi kreatifitas
kami untuk menarik warganet akan situs kami.
Adapun contoh picth deck
adapun pemaparan laporan kemajuan bisnis
mohon bantuan
subscribe dan share yuotobe kita ya^^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar